Yukata Atau Kimono , Tahukah Anda Perbedaanya ?

Mungkin kalian sudah familiar dengan yang namanya Kimono ? yups itu adalah pakaian tradisional dari negeri sakura Jepang. Bagaimana dengan Yukata ? apakah anda juga mengetahuinya ?.. Mungkin bagi...
Atsuko Maeda Kimono
Atsuko Maeda Kimono

Mungkin kalian sudah familiar dengan yang namanya Kimono ? yups itu adalah pakaian tradisional dari negeri sakura Jepang. Bagaimana dengan Yukata ? apakah anda juga mengetahuinya ?.. Mungkin bagi sebagian orang melihat Kimono adalah sama dengan Yukata begitu juga sebaliknya. Karena secara sepintas memang terlihat sama dan tidak ada bedanya. Hal itu dikarenakan banyak orang yang tidak mengetahui perbedaanya. Menerut catatan sejarah, Kimono terinspirasi dari pakaian tradisional negeri tirai bambu Cina. Selama berabad-abad kimono dikembangkan sejalan dengan cita-cita estetika Jepang dan proses perkembangannya yang dapat kita lihat sekarang ini.

Berikut adalah perbedaan dari Kimono dan Yukata:

1. Material atau bahan

Kimono biasanya terbuat dari bahan Sutra. Bahan sutra tradisional yang terlihat lebih mewah dan mampu mencerminkan estetika dari kimono itu sendiri. Di sisi lain, Yukata biasanya terbuat dari kain katun atau polyester. Inilah yang membuat harga Yukata lebih murah ketimbang harga Kimono dan juga bisa dipakai sebagai “pendingin” selama musim panas di Jepang.

Motif Kimono Japanese Aidoru

Motif Kimono Japanese Aidoru

2. Komposisi

Perbedaan lain dalam materi adalah lapisannya. Ketika mengenakan Kimono, lapisan yang berada di bawah sutra mempunyai motif. Ini sudah tidak terlihat lagi di Yukata, karena biasa digunakan untuk musim panas, jadi lapisan ini membuat Yukata semakin panas.

Lengan Kimono21 Japanese Aidoru

Lengan Kimono21 Japanese Aidoru

3. Bagian Lengan

Pada bagian lengan Kimono mempunyai variasi yang sesuai dengan berbagai faktor. Kimono yang memiliki lengan terpanjang adalah Kimono Furisode. Lengan ini sangat panjang dan sampai bisa menyentuh tanah, Kimono ini biasanya digunakan oleh wanita yang belum menikah. Akan tetapi, ada juga lengan dari kimono yang tak selalu memiliki lengannya yang panjang. Yukata adalah pakaian pendingin ketika musim panas jadi Yukata tidak akan pernah memilik lengan panjang lebih dari 50cm, sehingga tidak akan menyentuh panas dan tidak membuat tubuh menjadi panas.

Kimono Japanese Aidoru

Kimono Japanese Aidoru

4. Musim

Nah, jika anda sedang berada di Jepang saat musim dingin dan melihat seseorang mengenakan pakaian tradisional Jepang namun tidak yakin apakah itu Yukata atau Kimono?, yups itu sudah pasti kimono! kenapa ? Kembali ke perbedaan diatas, bahwa kimono sering dipadukan dengan berbagai macam lapisan beserta motif yang disesuaikan dengan musim dingin. Misalnya bulu untuk musim dingin. Jadi kesimpulannya Yukata tidak akan dipakai ketika musim dingin. Jika nekat mungkin akan kedinginan. Yukata biasanya dipakai selama musim panas karena bahannya lebih tipis. Kebanyakan warga Jepang mengenakan Yukata ketika sedang menghadiri sebuah festival (Matsuri).

Kimono

Kimono

Categories
More

RELATED BY

Inline
Inline